Sabtu, 13 September 2025

DISKOMINFOTIKSAN, DUMAI - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Dumai bersama Tim Pembina (TP) Posyandu melaksanakan pelantikan serta pengukuhan Pengurus Bank Sampah Induk (BSI) dan Bank Sampah Unit (BSU) se-Kota Dumai di Gedung Sri Bunga Tanjung, Jumat (12/9/2025). 

Dengan mengusung tema “Dari Posyandu untuk Bumi: Pilah Sampah, Tabung Emas di Bank Sampah”, program ini merupakan bagian dari mendukung Khidmat Kebersihan, mendorong partisipasi masyarakat Kota Dumai dalam pengelolaan sampah, serta Mewujudkan Dumai Bersih, Sehat, dan Berdaya Saing, serta sejalan dengan target nasional menuju Indonesia Bebas Sampah 2029.

Pelantikan serta pengukuhan ini diikuti oleh pengurus dari 7 Bank Sampah Induk untuk tingkat Kecamatan dan 36 Bank Sampah Unit untuk tingkat Kelurahan. Ketua TP Posyandu Kota Dumai Hj. Leni Ramaini Paisal, SKM berkesempatan melantik serta mengukuhkan secara langsung pengurus BSI dan BSU ini. 

Program Bank Sampah ini merupakan salah satu kebijakan Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Lingkungan Hidup yang bekerjasama dengan Posyandu Kota Dumai dalam rangka optimalisasi pengelolaan sampah hingga pada tingkat rumah tangga. 

Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Bidang Standar Pelayanan Minimal (SPM) TP Posyandu Kota Dumai John Kusuma Putra, S.T, yang juga merupakan Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya dan Beracun (PSLB3) pada DLH Kota Dumai. 

Kabid John Kusuma menyebut jika selama ini ratusan ton sampah yang dihasilkan langsung masuk ke TPA begitu saja tanpa ada penyortiran di level Rumah Tangga maupun Tempat Pembuangan Sementara (TPS). 

Kabid John juga menyampaikan jika bank sampah ini mulai beroperasi, maka akan memberikan berbagai efek positif mulai dari pengurangan volume sampah yang masuk ke TPA hingga menjadi tambahan penghasilan dikarenakan sampah yang dipilah masih memiliki harga serta nilai jual. 

“Pemerintah Kota Dumai terus mendorong masyarakat untuk terlibat dalam pengelolaan sampah yang optimal. Hal ini tertera Surat Edaran Walikota Nomor 18 Tahun 2025 tentang Pembentukan Bank Sampah dan menjadi dasar dalam pembentukan Bank Sampah hingga tingkat Kelurahan ini” tutur Kabid JK. 

Usai melantik serta mengukuhkan para pengurus Bank Sampah Induk dan Bank Sampah Unit, Ketua TP Posyandu Kota Dumai langsung memberikan sambutan dan mengapresiasi semangat dari para kader Posyandu beserta Masyarakat yang terlibat dalam pelaksanaan Bank Sampah. 

Leni Ramaini turut menyebut bahwa banyak tugas menanti dalam pengelolaan sampah terutama menarik keterlibatan serta keikutsertaan dari masyarakat Kota Dumai secara luas. Leni menyebut jika hal ini bisa tercapai apabila program Bank Sampah ini didukung oleh semua pihak bukan hanya Pemerintah Kota Dumai, tetapi juga stakeholder dan unsur masyarakat. 

“Kedepan tantangan kita akan semakin bertambah dengan mengajak masyarakat Kota Dumai untuk terlibat dalam pengelolaan sampah pada level rumah tangga. Tetapi jika Bank Sampah ini beroperasi, kita sama sama meyakini akan memberikan dampak positif yang begitu banyak bagi masyarakat serta para kader” tutur Leni. 

Usai sambutan Ketua TP Posyandu Kota Dumai selesai, selanjutnya dilaksanakan sesi foto bersama yang turut diikuti oleh Wakil Ketua TP Posyandu Kota Dumai Hj. Anik Sulastri Sugiyarto. 

Turut hadir dalam kesempatan ini Kepala Dinas LH Agus Gunawan, S.Sos., M.Si, Kepala Dinas DinsosPM drg. Hermiyati, Camat dan Lurah se Kota Dumai, Ketua TP Posyandu tingkat Kecamatan dan Kelurahan se Kota Dumai, beserta tamu undangan lainnya.

(MediaCenter Dumai/MHA)

Info Lainnya

PRAKTIK BAIK BUNDA PAUD KOTA DUMAI TAHUN 2025

KOTA DUMAI KHIDMAT INFRASTRUKTUR KEPEMIMPINAN H. PAISAL, SKM., MARS

Berita & Info Lainnya

Link