Kamis, 03 April 2025

Dumai--Untuk mempercepat pengaduan masyarakat agar segera direspon oleh setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkup Pemerintah Kota (Pemko) Dumai, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kadiskominfotiksan), H. Khairil Adli membuka Sosialisasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional-Layanan Aspirasi Dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-Lapor) yang berlangsung di Ruang Rapat Diskominfotiksan, Rabu (15/3). 


"Jadi, kuncinya ada pada admin OPD, kalau admin cepat respon, tentu masyarakat menjadi puas. Tapi kalau admin tak mau tahu menahu, tentu masyarakat mencari jawabannya sendiri dan menyebarkannya di Media Sosial (Medsos)," ujarnya. 


Ia mencontohkan tentang Jalan Sudirman belum diaspal, banyak warga dulu minta jawaban mengenai hal itu, karena OPD terkait lambat merespon sehingga isu tersebut menjadi semacam bola liar di Medsos. " Kami pun cepat meresponnya sehingga warga yang bertanya menjadi puas, tahun ini Jalan Sudirman segera diaspal,"tegasnya.

Oleh karena itu, ia berharap admin OPD lihai dan terus mengecek setiap pengaduan masyarakat, walaupun jawabannya belum memenuhi kepuasan yang bertanya, tapi sedikit banyaknya ada tanggapan dari OPD terkait. "Dan perlu diketahui, pemegang admin jangan admin atas nama pribadi, tapi admin OPD, sehingga kalau admin pindah ditempat lain, bisa dipegang oleh admin yang baru," jelasnya. 

Untuk diketahui, SP4N-Lapor ini dipantau oleh Ombudsmen Republik Indonesia. "Kami, Diskominfotiksan sebagai Super Admin hanya meneruskan ke OPD, OPD terkaitlah yang menanggapinya melalui chanel dumai.lapor.go.id. Dan untuk diketahui lagi, kita terus berupaya meningkatkan pelayanan melalui chanel tersebut,"ujarnya lagi.

Info Lainnya

Wako & Wawako Dumai ikuti Gladi Bersih Persiapan Pelantikan Kepala Daerah oleh Presiden RI

Wako & Wawako ikuti Gladi Pelantikan Kepala Daerah di Jakarta Th. 2025

Berita & Info Lainnya

Link